Kamis, 09 Juli 2009

Dari Pantainya Saja


Sebuah pantai yang cukup Indah, dengan nuansa cakrawala samudera Hindia, lautan selatan Jawa pantai ini terhampar, Widarapayung Beach namanya.

Menarik, di pantai ini ticket masuknya sangat murah, peron gerbangnya hanya dari palang sederhana. Konon, vendor pengelola pantai ini adalah para Preman setempat. Sungguh sebuah tempat wisata masyarakat yang eksotik nan ekonomis, bukan?

Namun, sepintas saya bertanya, ada pantai seindah ini tapi kenapa penduduk disekelilingnya masih rata-rata berekonomi menengah ke bawah? Seberapa besar kontribusi pantai ini terhadap bangsa dalam hal ini pendapatan asli daerah (PAD) Cilacap tentunya.

Hitung dihitung, berapa si pendapatan dari ticket masuk yang dikelola oleh sang vendor?berapa yang disetorkan kepada negara? dan berapa tingkat transparansi keuangan yang pastinya berbanding terbalik dengan tingkat kebocoran setoran uang.

Widarapayung hanyalah satu dari ratusan pantai, yang dikelola dengan alakadarnya, yang sebenarnya berpotensi mengalirkan arus uang untuk bangsa ini terutama mensejahterakan masyarakat sekelilingnya.

Bukan privatisasi solusinya, karena preman setempat tidak salah. Namun, seandainya ada kepedulian lebih pemerintah pada kalangan pemuda yang berlabel preman yang mengelola pantai ini, sehingga mereka memahami manajemen keuangan, kejujuran dan visi bisnis, tentu pantai ini akan dikelola dengan lebih menarik, dengan perputaran uang yang lebih tinggi, dengan pendapatan bagi pengelola yang lebih besar, dengan setoran ke negara yang lebih optimal, dengan memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada warga sekeliling yang lebih tinggi, dengan tingkat kebocoran uang yang lebih rendah.

Ada ratusan potensi dahsyat seperti Widarapayung Beach ini. Negeri ini kaya, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar