Jumat, 17 Juli 2009

Terowongan Ijo (Ijo Tunnel)

Letaknya di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa.

Kalau naik kereta dari Jogja ke arah Jakarta pasti lewat terowongan ini. Tempat ini pernah dipakai untuk syuting film perjuangan tahun 80-an, yang terkenal, judulnya "Kereta Api Terakhir"..




Ada yang lebih panjang dari terowongan ini, melengkung pula, namanya Terowongan Sasak Saat, di Jawa Barat.



Berani jalan-jalan masuk ke dalam terowongan yang ngepas buat lewat kereta itu? Tak usah kuwatir, di dalamnya ada tempat berlindungnya kok, namanya 'sleko'... wah ingin merasakan sensasinya, getaran rell, klaksin kereta, deru mesin dan sorot lokomotif... seperti apa ya? besok2 kita coba

Sudah sepantasnya negeri kita mengembangkan teknologi perkeretaapian, agar bisa mengalahkan Jepang, juga Inggris dan Prancis. Saya membayangkan, bagaimana ya kalau pada saat nanti dibangun rel kereta tanpa putus, dari Sabang sampai Merauke...? sambung-menyambung menjadi satu, itulah Indonesia.

Kan ada lautnya, bagaimana tuh? kenapa mesti bingung, Inggris dan Perancis saja bisa membuat terowongan panjangnya 50,45 km yang merupakan terpanjang di dunia dan 39 km diantaranya ada di bawah laut. keren... Namanya Channel Tunnel atau orang menyebutnya Chunnel



Ini rute yang kalau kereta lewat cukup 20 menit saja sampai dari Perancis ke Inggris dan sebaliknya



Kalau mereka bisa, kenapa Indonesia tak bisa? kan disini banyak petani, tiap petani punya cangkul, berdayakan saja untuk membuat terowongan menembus bukit dan menggerus dasar laut.

Ah, tapi repot, kalau begitu suruh saja para sarjana membuat mesin bor yang canggih agar cepat selesai, nih, nyontek punya mereka juga bisa



Bor segede tangki BBM yang dipakai di Channel Tunnel.



0 komentar:

Posting Komentar